Berita Terkini

Semangat Yakin Jadi Juara Gerakan Keluarga Sehat Tanggap Pemerintah Desa Buyut yakin Jadi Juara

Penjabat (Pj) Bupati Cirebon, Wahyu Mijaya menghadiri penilaian Gerakan Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana (GKSTTB) Tingkat Provinsi...

Postingan Populer

Rabu, 25 Oktober 2023

Bhabinkamtibmas Polsek Bantarujeg Beri Himbauan pada Petani Terkait Karhutla



Majalengka, - Sesuai dengan arahan dari Kapolres Majalengka Polda Jabar AKBP Indra Novianto,S.I.K.,M.Si., CPHR., Kapolsek  Bantarujeg Iptu Yayan Sopiana , S.A.P, M.A.P.melalui Bripka Andryana Mutakin, seorang Bhabinkamtibmas dari Polsek Bantarujeg, Polres Majalengka, Polda Jabar, melakukan kunjungan rutin ke warga binaan di Desa Cinambo, Kecamatan Bantarujeg, Kabupaten Majalengka pada Rabu (25/10/2023). 

Selain menjalin silaturahmi, kunjungan ini juga merupakan upaya untuk memberikan himbauan terkait pencegahan bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka mengantisipasi terjadinya Karhutla yang dapat menimbulkan kerugian besar. Bhabinkamtibmas memberikan himbauan kepada para petani untuk tidak membersihkan lahan dengan cara dibakar, terutama jika ditinggalkan begitu saja. Proses pembakaran lahan yang tidak terkontrol bisa mengakibatkan terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang meluas.

Dalam sambutannya, Bripka Andryana Mutakin menjelaskan betapa pentingnya menjaga lingkungan dan mencegah terjadinya Karhutla. "Kami menghimbau kepada seluruh petani untuk tidak menggunakan metode membakar dalam membersihkan lahan pertanian. Ini untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang dapat merugikan banyak pihak," kata Bhabinkamtibmas.

Dia juga menekankan bahwa upaya pencegahan Karhutla adalah tanggung jawab bersama. Seluruh masyarakat, termasuk petani, perlu berperan aktif dalam menjaga lingkungan dan mencegah terjadinya bencana Karhutla yang dapat merusak lahan pertanian dan hutan serta berdampak negatif pada kualitas udara.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk peran Bhabinkamtibmas dalam memastikan keselamatan masyarakat dan lingkungan sekitarnya. Himbauan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam menciptakan kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dan mencegah bencana Karhutla.

0 comments:

Posting Komentar

Harus bersifat membangun