Berita Terkini

Peringati Word Clean Up Day, Babinsa Gandekan Bersama Staf Kelurahan Bersihkan Lingkungan

Surakarta - Babinsa Kelurahan Gandekan Koramil 04/Jebres Kodim 0735/Surakarta Sertu Teguh K, tampak semangat melaksanakan gotong royong bers...

Postingan Populer

Rabu, 22 Mei 2024

Desa Telur Aur Bersama Stake Holder Laksanakan Rembuk Stunting Untuk Pencegahan Preventif



Rambah Samo -kabarpesisir.com-Guna mendukung program pemerintah dalam upaya pencegahan stunting mulai dari bayi sampai batita (bayi tiga tahun), Desa Teluk Aur, Bagian dari Pemdes Kecamatan Rambah Samo, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) ikut ambil bagian membantu Pemkab menurunkan grafik penurunan angka stunting di Rohul.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kantor Desa Teluk Aur, Selasa (21/5), dihadiri oleh Kepala Desa (Kades), Muslim, SH. Selain itu perangkat desa semisal Badan Permusyawaratan Desa (BPD), RT/RW dan Kadus, Pendamping desa, Kader kesehatan serta stake holder terkait perwakilan PT Sawit Asahan Indah (SAI) turut serta ambil bagian dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan yang dinamakan "Rembuk Stunting" ini merupakan wadah bagi para pemangku kebijakan, dengan mengambil sistem bottom up, artinya dari lingkup paling bawah sampai tingkat paling atas untuk mengevaluasi dan merencanakan langkah - langkah preventif dan berkelanjutan untuk mencegah pertumbuhan angka stunting.

Dilansir Skinusantara.com, Kades Teluk Aur, Muslim, SH di sela kegiatan rembuk stunting memaparkan beberapa capaian Pemdes dalam upaya pencegahan stunting. "Melalui program - program penyuluhan dan pendampingan yang intensif, Desa Teluk Aur berhasil meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya gizi seimbang dan perawatan kesehatan yang baik bagi ibu hamil dan balita", ujar Muslim.

Muslim juga menegaskan kegiatan rembuk stunting merupakan kolaborasi yang nyata dan kuat antara berbagai pihak dalam mengatasi masalah kesehatan yang kompleks seperti stunting. "Semangat dan komitmen yang ditunjukkan oleh para peserta menunjukkan antusiasme mereka bersama - sama menyongsong masa depan yang lebih sehat dan berkualitas bagi generasi mendatang", tambah Kades Teluk Aur ini.

Lanjut Kades Teluk Aur, Lewat program yang sinergi dari beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD), mulai dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Rohul, BKKBN Rohul sampai lingkup terkecil yakni setiap aparatur pemerintahan Desa yang ada di Kabupaten Rohul mempunyai tanggung jawab yang sama dalam hal prevalensi penurunan angka stunting.

Terakhir Muslim berharap agar output dari kegiatan rembuk stunting ini dapat dirasakan oleh lapisan masyarakat Desa Teluk Aur, dan ada sosialisasi dan penyuluhan kegiatan serupa agar penurunan angka stunting dapat ditekan secara signifikan.Lubis.

****Hobbi Pargaulan****

0 comments:

Posting Komentar

Harus bersifat membangun