Berita Terkini

Semangat Yakin Jadi Juara Gerakan Keluarga Sehat Tanggap Pemerintah Desa Buyut yakin Jadi Juara

Penjabat (Pj) Bupati Cirebon, Wahyu Mijaya menghadiri penilaian Gerakan Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana (GKSTTB) Tingkat Provinsi...

Postingan Populer

Senin, 13 Mei 2024

KEGIATAN PELATIHAN TEKNIS BUDIDAYA KELAPA SAWIT PROGRAM PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PETANI KELAPA SAWIT TA 2023




-Rokan Hulu, Selaku Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan, CH Agung Nugroho,STP mengatakan,
Hadirin, Undangan yang berbahagia,…
Pada Kesempatan ini juga, atas nama Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu,  yang telah membantu terlaksananya kegiatan ini dan diharapkan bagi kelompok tani yang telah terpilih diharapkan dapat mengikuti dengan baik dari awal sampai akhir kegiatan, Ujar agung yang mengawali sambutan nya Senin (13-5-2024)
 Mengatakan,
Saya menyambut baik terselenggaranya kegiatan Pelatihan Teknis Budidaya Kelapa sawit yang merupakan salah satu kegiatan pelatihan pada Progaram Pengembangan Sumber Daya Manusia Perkebunan Kelapa Sawit bersumber dana dari BPDPKS yang dianggarkan pada Tahun 2023 dan baru dilaksanakan pada tahun 2024 ini. 

Dimana pada Kegiatan ini dikuti oleh peserta berjumlah 81 orang yang berasal dari 5 Kelembagaan yaitu :
1- KUD Bangkit Usaha Makmur Desa Bencah Kesuma Kec. Kabun sebanyak 33 orang
2- KUD Bangkit Usaha Makmur Desa Bukit Intan Makmur Kec. Kunto Darussalam sebanyak 13 orang
3- KUD Tujuh Permata Desa Bagan Tujuh Kec. Kunto Darussalam sebanyak 6 orang
4- Forum Petani Sawit  Swadaya Semarak Mudo Desa Tandun Kecamatan Tandun Sebanyak 2 Orang
5- Forum Petani Sawit Swadaya Dayo Barokah Desa Tapung Jaya dan Dayo Kec Tandun sebanyak 27 orang

Dengan adanya pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pekebun sehingga dapat meningkatkan hasil produksi tanamannya sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan.


Secara Umum dapat digambarkan bahwa Pada Tahun 2023 Kabupaten Rokan Hulu baru pertama sekali melaksanakan Program Pengembangan Sumber Daya Manusia Kelapa Sawit (PSDMPKS) yang bersumber dana dari BPDPKS. 
Dimana dari 2 kali Rekomtek yang diterima tersaring 256 peserta untuk mengikuti 5 jenis pelatihan yaitu :

1- Pelatihan Management dan Administrasi Keuangan yang telah terlaksana pada tanggal 22-25 April 2024 oleh IPB, Training di Hotel Bono Pekan Baru dan melatih 34 peserta.
2- Pelatihan Budidaya Kelapa Sawit yang dilaksanakan pada tanggal 13 – 18 Mei 2024 oleh  LPP Agro Nusantara dan melatih 81 peserta di Hotel Grand Elite Pekanbaru
3- Pelatihan Kepemimpinan dan Komunikasi yang dilaksanakan pada tgl 20-23 Mei 2024 oleh PT, Iskol Agridaya Internasional yang akan melatih 38 peserta
4- Pelatihan Pengembangan ISPO yang akan dilaksanakan pada tanggal 27 -31 Mei 2024 yang akan melatih 35 peserta.
5- Pelatihan Panen dan Pasca Panen Keuangan Kabupaten Rokan Hulu yang akan dilaksanakan pada Bulan Juni 2024 oleh Politeknik LPP Yogjakarta yang akan melatih 68 peserta.


Kabupaten Rokan Hulu dengan luas wilayah  mencapai 722,978 Ha, didominasi oleh Perkebunan Kelapa Sawit yang mencapai ±423,160 Ha (Data Luasan Perkebunan Kab. Rokan Hulu-WRI Indonesia) Sedangkan untuk jumlah kelompok tani yang ada hingga tahun 2021 mencapai ± 2.532 kelompok
 (Data Simluhtan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura,2021) Dari Luasan tersebut diatas tergambar bahwa perekonomian di Kabupaten Rokan Hulu sangat dipengaruhi oleh kondisi harga TBS dan harga komoditi perkebunan lainnya.

Tetapi sangat disayangkan Luasnya areal perkebunan tersebut belum sebanding dengan jumlah produksi yang dihasilkan, mengingat beberapa permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat pekebun itu sendiri, seperti :
 - kurangnya permodalan yang dimiliki petani swadaya untuk mengolah lahannya,
 - kurangnya pengetahuan petani tentang budidaya teknis bertanam kelapa sawit, masih adanya petani yang menggunakan bibit tidak bersertifikat resmi dari Balai benih dan masih kurangnya daya beli sarana dan prasarana di lapangan.

 Dan permasalahan ini memang seharusnya menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah terutama dinas terkait tapi mengingat keadaan Anggaran Daerah di Kabupaten Rokan Hulu Khususnya dan di Indonesia Umumnya, membuat kita harus bergiat untuk mencari sumber- sumber dana lain yang bisa membantu berjalannya kegiatan untuk masyarakat.

Untuk mengurangi permasalahan diatas kami selaku instansi yang memiliki kewenangan  selalu mencari sumber – sumber pendanaan dalam bentuk APBN,APBD-Prop dan APBD-Kab serta dari BPDPKS dan juga selalu menghimbau untuk perusahaan agar selalu memperhatikan masyarakat sekitar dan mengupayakan bantuan-bantuan baik dalam bentuk fisik dan non fisik sehingga kesejahteraan dapat dicapai.

Hadirin, Undangan yang berbahagia,…
Demikian yang dapat kami sampaikan pada kesempatan ini, Semoga Allah SWT  senantiasa meridhoi langkah usaha kita dalam membangun Riau pada umumnya dan lebih khusus Kabupaten Rokan Hulu yang kita cintai,ujar Agung mengakhiri acaranya 

Mulai dari awal hingga acara ini berakhir keadaan dalam keadaan aman dan kondusif

****Hobbi Pargaulan****

0 comments:

Posting Komentar

Harus bersifat membangun