Berita Terkini

Semangat Yakin Jadi Juara Gerakan Keluarga Sehat Tanggap Pemerintah Desa Buyut yakin Jadi Juara

Penjabat (Pj) Bupati Cirebon, Wahyu Mijaya menghadiri penilaian Gerakan Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana (GKSTTB) Tingkat Provinsi...

Postingan Populer

Minggu, 08 September 2024

PKBJJ - Gerbang Menuju Sukses Kuliah di Universitas Terbuka Majalengka 





Majalengka - Sebelum memulai perkuliahan di Universitas Terbuka (UT), mahasiswa baru di UT Majalengka dibekali pelatihan tentang pembelajaran jarak jauh yang masih terasa awam pada dunia pendidikan konvensional.yang bertempat di Islamic Center kabupaten majalengka."Minggu (08/09/2024)

Kegiatan ini disebut Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh atau PKBJJ dalam serangkaian Layanan Pendukung Kesuksesan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ) yang berisi serangkaian pelatihan bagi mahasiswa baru, yaitu OSMB, PKBJJ, Workshop Tugas, serta Klinik Ujian.

Dalam sambutan Kepala Salut kabupaten majalengka H.Joko Setiyono,.M.Kom menyampaikan PKBJJ berisikan materi yang padat tentang bagaimana belajar secara efektif dan mencapai hasil yang maksimal dalam pembelajaran jarak jauh.

"Kegiatan PKBJJ bertujuan untuk membiasakan mahasiswa melakukan kegiatan belajar secara mandiri sebagai langkah adaptif dari pembelajaran yang biasanya dilakukan secara tatap muka, lalu bertransformasi menjadi pembelajaran secara jarak jauh, yang sering disebut belajar online."ujarnya 

Joko Setiyono Menjelaskan Pelatihan ini penting bagi mahasiswa mengingat kebiasaan pendampingan pembelajaran pada masa sekolah menengah membuat mahasiswa terbiasa menggantungkan intisari sebuah materi pada pengejar di kelas, sedangkan konsep pembelajaran jarak jauh menekankan pada eksplorasi yang lebih luas, inklusif, dan fleksibilitas tinggi. Materi dibuka dengan mengelaborasi tentang perencanaan dan pengelolaan jadwal belajar sebagai langkah untuk mencapai goal pembelajaran.

Dilanjutkan dengan cara membaca dan merekam hasil baca, dimana dalam pemahaman teori secara tekstual dibutuhkan strategi yang mumpuni sehingga materi dapat terserap dengan baik sebagai bekal evaluasi. Lalu ditutup dengan materi UT Online untuk memberikan arahan pada mahasiswa secara teknis agar dapat mengakses seluruh fasilitas yang diberikan oleh UT.

Pelaksanaan PKBJJ tahap I dilakukan dengan jumlah mahasiswa baru yang telah melakukan registrasi dan pembayaran terbanyak, yakni Kabupaten Majalengka Sebanyak 600 mahasiswa."ujar Joko Setiyono 

Dalam sambutan PJ Bupati Majalengka menyampaikan Semangat mahasiswa baru sudah terasa sejak dimulainya pelatihan ini dengan banyaknya diskusi dan pertanyaan yang disampaikan mahasiswa mengenai perkuliahan di Universitas Terbuka, seperti tentang pertemuan dalam kegiatan pembelajaran, strategi belajar, hingga layanan UT online. Mahasiswa berbondong-bondong bertanya pada kesempatan yang hanya didapatkan saat menjadi mahasiswa baru ini.

"Kagiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak yang signifikan dalam kesuksesan belajar mahasiswa UT Jember karena sebagian mahasiswa sudah memiliki pekerjaan maupun kesibukan lain di luar perkuliahan sehingga penjadwalan menjadi sebuah keharusan yang dilakukan agar keduanya dapat berjalan dengan seimbang."pungkasnya

Dedi Supandi menerangkan Keuntungan mengikuti pelatihan ini, mahasiswa baru juga diajak untuk melakukan praktik secara langsung bagaimana membuat jadwal belajar selama satu semester. Ditambah lagi, mahasiswa juga diajak untuk menerapkan metode membaca modul yang efektif dan membuat rekaman hasil baca. 

UT Majalengka sebagai lembaga pendidikan tinggi yang menekankan fleksibilitas dalam setiap kegiatan pembelajarannya, menjadi wadah untuk peningkatan kompetensi bagi masyarakat yang ingin berkembang dalam keilmuwan termasuk pengembangan karir.

LPKBJJ merupakan layanan inovatif yang dibentuk UT untuk membantu mahasiswa dalam mengatur secara mandiri jadwal dan strategi belajar untuk mencapai ekspektasi yang diinginkan. Kini saatnya, pembelajaran online akan menjadi tujuan pendidikan tinggi masa depan yang menjanjikan. (BABIL, Adi. R)

0 comments:

Posting Komentar

Harus bersifat membangun