Berita Terkini

Sambangi Pemulung Dan Pengepul Barang Bekas, Babinsa Mojosongo Himbau Kebersihan Lingkungan

Surakarta – Babinsa Kelurahan Mojosongo Koramil 04/Jebres Kodim 0735/Surakarta Serka Aswan selalu aktif dalam Pembinaan Teritorial diwilayah...

Postingan Populer

Minggu, 29 September 2024

Sambangi Pemulung Dan Pengepul Barang Bekas, Babinsa Mojosongo Himbau Kebersihan Lingkungan

Surakarta – Babinsa Kelurahan Mojosongo Koramil 04/Jebres Kodim 0735/Surakarta Serka Aswan selalu aktif dalam Pembinaan Teritorial diwilayah binaanya. Termasuk, dengan para pemulung dan pengumpul Barang bekas yang berada di wilayah binaan salah satunya Bapak Budi Rt 03 Rw 09 Kelurahan Mojosongo Kecamatan Jebres, Minggu ( 29/09/2024).

Menurutnya, Komsos dengan pemulung dan pengumpul barang bekas sengaja dia dilakukan. Yang bertujuan untuk memberikan kesadaran kepada warga binaannya, agar mau peduli terhadap kebersihan lingkungan.Dengan demikian, Pemukiman tidak kelihatan kumuh serta terhindar dari penyakit.

"Hal ini mengingatkan, masih banyaknya masyarakat yang kurang peduli terhadap kebersihan lingkungan dan membuang sampah sembarangan," ujar Babinsa Serka Aswan.

Selain itu, sebagai seorang Aparat Komando Kewilayahan, seorang Babinsa harus dekat dengan warga. Sebab hal ini tidak hanya berdampak pada meningkatnya keamanan, namun juga pada Temu Cepat Lapor Cepat pada setiap kejadian.

"Kedekatan kami dengan masyarakat, akan menambah cepat quick response yang kami berikan terhadap laporan yang masuk setiap hari," Tegas Serka Aswan

Ditemui ditempat terpisah, Danramil 04/Jebres Kapten Cba Tri Rusman Prasetyo. S.Sos mengatakan, pekerjaan pemulung sering dianggap memiliki konotasi negatif. Pekerjaannya mencari barang bekas, membuat sebagian besar orang menganggap remeh pemulung.

"Namun, dengan kehadiran Pemulung, lingkungan dapat terbebas dari barang bekas. Apabila dibiarkan bisa menjadi sampah. Mereka juga membantu Pemerintah dalam mengelola sampah," sebut Danramil.

Selain itu, Danramil juga menuturkan, sebagai aparat Komando kewilayahan, Babinsa dituntut harus mampu melaksanakan Komunikasi Sosial dengan seluruh komponen masyarakat di wilayahnya masing-masing.

"Baik itu Alim Ulama, Pengusaha hingga pelaku kiriminal, tak terkecuali Pemulung," tegasnya.

Penulis : Arda 72

0 comments:

Posting Komentar

Harus bersifat membangun