Berita Terkini

Polresta Cirebon Amankan Pengedar Sabu-Sabu

Jajaran Polresta Cirebon mengamankan pengedar narkoba jenis sabu-sabu. Pelaku diamankan di wilayah Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, pada ...

Postingan Populer

Senin, 28 Oktober 2024

BERSATU BERJANJI UNTUK SEIRA




Sambutan hangat diperoleh oleh paslon nomor urut 3 setelah menginjakkan kaki di negeri Seira Blawat dalam lawatan kampanye dialogis pilkada 2024.
Disambut oleh ratusan Masyarakat desa Werlutu dan Tetua Adat, paslon bersatu Ricki Jauwerissa dan Dr. Juliana Ratuanak diarak keliling kampung. Panas terik matahari tak menyurutkan semangat rakyat menanti calon pemimpin Tanimbar lima tahun kedepan ini. 
Didampingi oleh sejumlah tokoh seperti mantan Wakil Bupati Kepulauan Tanimbar Agus Utuwali, aktivis anti-korupsi Sony Ratissa dan tokoh masyarakat Seira lainnya, pasangan Bersatu tampak solid dan percaya diri menyongsong kampanye dialogis. 28/10/2024

Tampak di lapangan, mayoritas warga didominasi oleh kalangan perempuan yang memang sudah cukup lama menanti paslon ini mengunjungi Seira menyampaikan gagasan besar yang tertuang dalam visi-misi Tanimbar Maju.
Kumpulan Ibu-Ibu di Seira, penuh semangat meneriakkan yel-yer Bersatu. Ketika ditanya kenapa begitu antusias, seorang ibu spontan menjawab karena satu-satunya perempuan Tanimbar yang berani maju dan bersaing di pilkada kali ini.

Jasa besar dokter Jul (sapaan akrab Dr. Juliana Ratuanak) selama mengabdi sebagai seorang ASN utamanya ketika menjadi kadis Kesehatan memberi kontribusi konkrit bagi pelayanan kesehatan masyarakat Tanimbar tak terkecuali masyarakat Seira. 
Teringat, program "Rumah Tunggu" di jaman pemerintahan lalu diinisiasi oleh perempuan yang terkenal cekatan dan responsif selama menjabat Kepala Dinas Kesehatan ini. Program itu berhasil menekan angka kematian ibu dan bayi hingga nol dan menginspirasi pemerintah pusat untuk mereplikasi program serupa di se-antero kabupaten/kota bertipe daerah kepulauan.

Dalam sambutannya di Seira, Calon Bupati Riki Jauwerissa menekankan misi utama paslon ini yakni pengentasan kemiskinan dimulai dari RT sebagai lokus utama pembangunan. Dari sanalah penurunan angka kemiskinan ekstrim dimulai menuju Tanimbar Maju.

Ditambahkan oleh Dok Jul, selain pembangunan infrastruktur dasar, problem lainnya seperti kebutuhan gizi bagi ibu dan anak adalah fokus selanjutnya guna penciptaan sumber daya manusia yang punya daya saing. 
Perlindungan terhadap perempuan dari kasus KDRT pun menjadi perhatian. 
Tata kelola birokrasi dan penempatan pejabat untuk mengisi dinas/badan harus dilaksakanakan berdasarkan kompetensi dan keahlian, "the right man on the right place" pungkas Dok Jul.
Angka putus sekolah yang masih tinggi pula perlu ditangani secara serius, perhatian terhadap kesejahteraan para guru tak luput juga dari perhatiannya.
Ditambahkan Jauwerissa, kesejahteraan para pegawai pun harus ditingkatkan. 

Respon masyarakat sangat baik, terbukti dengan dialog dua arah berlangsung dengan santun dan penuh suasana kekeluargaan. Masyarakat Seira berharap pilihan politik terhadap paslon Bersatu nantinya dapat membawa angin segar bagi pemulihan negeri yang cukup terpuruk beberapa tahun terakhir karena masalah seperti korupsi dan kemiskinan ekstrim.

Di akhir kampanye Jauwerissa berjanji dilantiknya Presiden Prabowo dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming (Putra sulung Presiden ke 7 Jokowi) merupakan kabar baik bagi Tanimbar. Sebab, paslon Bersatu yang didukung oleh Partai Gerindra dan PSI adalah jaminan sinergitas dan dukungan program pemerintah pusat bagi Tanimbar jika kelak terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati.

Melkianus Natar 
L.I.79

0 comments:

Posting Komentar

Harus bersifat membangun